Tips Menjadi yang Paling Menonjol dan Lolos Interview Kerja

Halo Dreambuilders,

Kami mendapatkan pertanyaan dari salah satu Dreambuilders bernama Miranda yang ingin interview pekerjaan dan minta tips agar bisa menjalankan proses interview dengan sukses.

Blog ini kami tulis untuk para Dreambuilders yang punya pertanyaan yang sama juga, semoga membantu.

Dreambuilders, interview pekerjaan merupakan sebuah proses yang bisa dibilang menakutkan untuk kebanyakan dari kita. Apalagi, jika kita memang betul-betul menyukai tempat kerja itu, seakan tekanan untuk melakukan yang terbaik semakin berat. Namun, dimanapun kamu mau interview, Dreambuilders harus ingat kalau proses interview bukan hanya satu arah, dimana kita saja yang membutuhkan pekerjaan.


Perusahaan juga punya kebutuhan yang sama, yaitu mereka membutuhkan karyawan untuk membantu mencapai objektif perusahaan. Karena sama-sama memiliki kepentingan, proses interview pun selalu kami andaikan seperti pertama kali pergi kencan dengan seseorang, dimana kedua pihak saling ingin tahu kepribadian masing-masing, dan saling menilai kecocokan. Jadi, ubah mindset kamu dulu ya sebelum interview, kamu pun mempunyai hak yang sama untuk menilai apakah perusahaan yang kamu apply, itu cocok juga untuk kamu.


Tips kami untuk Dreambuilders, kami bagi menjadi 3 tahap: pre-interview (persiapan), d-day (saat interview), dan post-interview (follow-up). Mari kita bahas satu per satu:


Pre-interview (persiapan)

Di tahap ini, kami menyarankan Dreambuilders untuk melakukan riset tentang perusahaan yang mau kamu tuju. Riset bisa melalui online (melihat website, sosial media, atau berita media tentang perusahaan). Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu cari tahu:

  1. Cari tahu lingkup kerja dari posisi yang kamu tuju: kamu juga bisa melihat informasi ini di LinkedIn atau menanyakan ke teman/saudara yang punya pengalaman di posisi itu sebelumnya.

  2. Visi & Misi: cari tahu sejarah perusahaan, masalah apa yang ingin mereka selesaikan dengan produk maupun servis yang mereka tawarkan

  3. Nilai & Budaya Kerja: cari tahu nilai yang dipercayai oleh perusahaan, dan juga budaya kerja mereka. Untuk mengetahuinya, kamu bisa melihat bagaimana sistem pelayanan pelanggan dan juga kegiatan CSR yang dilakukan perusahaan.

  4. Berita tentang perusahaan: cari tahu tentang kampanye komunikasi ataupun inisiatif lainnya yang dilakukan oleh perusahaan dalam 3-6 bulan terakhir.

Melakukan riset tentang perusahaan bisa menjadi nilai plus kamu loh, karena calon interviewer pasti suka kalau melihat calon kandidat mengetahui banyak dan peduli dengan apa yang dilakukan oleh perusahaan. Selain itu, riset yang kamu lakukan juga bisa membantu kamu untuk memperbaiki CV, misalnya kamu bisa menyertakan nilai atau budaya kerja kamu yang sesuai dengan perusahaan, bahkan kamu bisa menyesuaikan sertifikat apa yang mau disertakan yang betul sesuai dengan kebutuhan.


D-day (interview)

Yay selamat, CV kamu ternyata masuk seleksi dan kamu dipanggil untuk interview. Berikut ini beberapa tips dari FIVE DO's untuk menjalankan proses interview dengan baik:

  1. Datang 30 menit lebih awal: selain memberikan waktu kamu untuk mempersiapkan diri, datang 30 menit lebih awal juga akan memberikan first impression yang baik. Kami juga sarankan, kamu harus memberitahu calon interviewer kalau kamu sudah tiba ya, agar dia tahu kamu sudah tiba 30 menit sebelumnya.

  2. Jadi diri sendiri. Tips ini merupakan salah satu kunci loh saat interview, seperti yang kami sebutkan tadi, interview itu layaknya kita pergi kencan pertama kali. Interviewer biasanya tidak hanya melihat nilai akademik kamu loh saat interview, tetapi mereka akan menilai apakah kepribadian kamu cocok dengan budaya kerja perusahaan.

  3. Berikan kesan bahwa kamu sudah siap menjadi bagian dari perusahaan.

  4. Seperti kencan pertama kali, interview juga merupakan momen yang paling baik untuk mengetahui apakah kamu cocok dengan perusahaan, karena kamu akan menghabiskan waktu setidaknya 8 jam sehari dan paling tidak 1.920 jam setahun loh disana.

Post-interview (follow-up)

Proses terberat dari interview sudah kamu jalankan, tapi masih ada tahapan yang perlu kamu lakukan loh:

  1. Kirim e-mail ke interviewer, di e-mail, kamu bisa mengucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatan interview yang diberikan, dan kamu juga bisa menanyakan sekiranya ada pertanyaan atau kebutuhan tambahan. Terakhir, kamu juga bisa menanyakan kira-kira kapan kamu bisa follow-up untuk hasil interview.

  2. Follow-up hasil interview merupakan hal yang wajar dilakukan, jadi jangan takut ya untuk follow-up di hari yang telah ditentukan.

Dreambuilders, mencari pekerjaan itu memang susah-susah gampang, tapi yang terpenting, jangan pernah menyerah ya kalau misalnya kamu belum mendapatkan pekerjaan yang kamu mau. Tetap semangat dan terus evaluasi, apa yang bisa kamu perbaiki kedepannya. Best of luck!


Waktu Untuk mengirimkan pertanyaan seputar pengembangan diri, karir, maupun bisnis, Dreambuilders bisa e-mail pertanyaan kamu ke thedistrictcomm@gmail.com. Thank you.