Mencari Partner Bisnis dan Tips Bermitra dengan Baik

Halo dreambuilders, di artikel kali ini, kita akan membahas tentang mencari partner atau mitra bisnis yang tepat.

Mengapa kita butuh partner?


Apakah kalian pernah tmendengar pepatah inggris kuno yang bilang "two heads are better than one"?.


Menurut pepatah ini, jika dua orang atau lebih mempunyai visi yang sama, dan berusaha untuk merealisasikan visi tersebut, maka akan lebih baik daripada hanya satu orang yang memikirkannya, begitu juga peran mitra bisnis untuk kamu. Bisnis butuh banyak sekali persiapan, apalagi jika proses bisnis sudah berjalan. Maka, mempunyai mitra bisnis yang bisa membantu kita dalam mengambil keputusan, mencari solusi, membuat strategi dan seterusnya, tentu akan sangat membantu kita.


Setelah mengetahui pentingnya punya bisnis partner, mungkin di kepala kalian akan mulai bertanya-tanya, "bisnis partner yang tepat untuk kita itu seperti apa?". Untuk menjawab ini, kami ingin teman-teman membayangkan kalau punya mitra bisnis itu seperti mempunyai soulmate.


Dia harus mampu dan bersedia untuk melewai susah-senang bersama kita, dia pun harus mempunyai visi dan misi yang sama dengan kita, dan yang paling terpenting, hubungan dengan mitra kalian juga harus saling terbuka. Sehingga tidak ada rasa tidak enak atau sungkan untuk menyampaikan pendapat atau bilang tidak, karena semua ide itu perlu untuk didengarkan. Setelah menemukan mitra bisnis yang tepat, inilah yang harus kita lakukan supaya hubungan kita dengan mitra bisa lancar:

  1. Pastikan di awal. Kita harus menentukan visi dan misi kita kedepan seperti apa termasuk arah bisnis kita kemana (teman-teman pasti pernah dengar ada yang bisnis yang pecah kongsi karena ada ketidakcocokan untuk keputusan perkembangan bisnis dan sebagainya).

  2. Buat hitam di atas putih. Terkadang kita terlena, karena di awal bisnis, semua begitu manis dan kita merasa selalu cocok dengan rekan bisnis, atau kita merasa sungkan jika baru mulai sudah harus membicarakan harta dan aset. Betapa besar atau kecilnya bisnis kita sekarang dan nanti, kita tetap harus punya hitam di atas putih dari awal. Karena itu akan menjaga seluruh pihak yang terlibat pada bisnismu. Kita juga baiknya menentukan jenis badan usaha bisnis kita seperti PT, CV, atau UD. Kita akan bahas lebih lanjut mengenai badan usaha di artikel selanjutnya selanjutnya.

  3. Tentukan pembagian keuntungan rencana ekspansi dan juga peran masing-masing. Hal ini ditujukan agar tidak ada pekerjaan yang overlapping antar owner, serta tujuan dari bisnis tidak hanya untuk mendapatkan keuntungan namun juga berkembangnya bisnis kamu di kemudian hari

So, jangan ragu untuk mencari partner bisnis jika kamu kesulitan untuk membangunnya sendirian!