Good Procurement & Supplier = Great Business

Halo dreambuilders,

Untuk artikel kali ini, kita akan membawa tema "Good Procurement & Supplier = great business". Mari kita bahas satu-satu.


Tugas utama dari divisi procurement dalam sebuah bisnis adalah mencari bahan-bahan material ataupun jasa yang dibutuhkan untuk produksi dan operasional bisnis, dan setelah barang tersebut diterima, procurement juga mempunyai tugas untuk menyimpan dan tracking setiap barang, agar dapat digunakan dengan sebaik dan seefisien mungkin. Tugas lainnya dari procurement adalah mencari supplier yang tepat. Dalam bisnis, ini adalah hal yang tricky dan wajib diketahui.


Supplier yang tepat sangat penting untuk bisnis kita, karena kualitas produk yang kita tawarkan juga bergantung dari kualitas bahan yang supplier pasok ke kita. Lalu bagaimana cara untuk menentukan supplier yang tepat? Supplier yang tepat tidak selamanya harus yang memberikan harga terbaik, atau yang bisa kita tawar dengan harga paling murah. Supplier yang tepat untuk bisnis kamu, adalah mereka yang dalam kesehariannya, tidak hanya berperan sebagai supplier tapi juga sebagai partner bisnis.


Salah satu klien kami, yaitu seorang direktur operasional sebuah chain restaurant di Bali, dia berbagi pengalaman dengan kami. Ia mengatakan seluruh restorannya menggunakan satu supplier wine yang sama, uniknya, supplier wine ini sudah menjadi partner mereka sejak pertama kali restoran pertama di buka. Dari yang hanya memesan 10 botol dalam sebulan, akhirnya sekarang chain restaurant tersebut memesan paling tidak 100 karton boks wine (berisi 8 botol wine) setiap bulannya, bahkan lebih jika sedang musim liburan.


Supplier yang berperan sebagai partner kita, akan bekerjasama dengan kita, saling tukar pikiran untuk mencari solusi baru, meningkatkan kualitas bahan dan termasuk ide untuk menjual produk tersebut. Karena semakin baik kualitas bahan, maka lebih baik juga kualitas produk yang kita tawarkan, maka semakin banyak juga konsumen yang membeli produk, dan semakin berkembang juga level kerjasama kita ke supplier.


Hal yang tidak bisa kita sampingkan, adalah bagaimana seorang procurement juga bisa membangun hubungan yang baik dengan supplier. Telah banyak contoh procurement yang bisa membangun relasi dengan baik dengan supplier mampu untuk memberikan keuntungan bisnis yang luar biasa.


So, good procurement & supplier = great business.


Karena dengan adanya procurement yang baik dan ditambah dengan supplier yang berperan seperti bisnis partner, kita bisa memastikan supply chain bisnis kita terkontrol dan akhirnya juga berujung pada kepuasan pelanggan.