Apakah Psikologi Harga Masih Ampuh?



Halo dreambuilders,

Pasti teman-teman sudah familiar ya sama yang dinamakan psikologi harga dan pasti teman-teman juga sudah banyak banget menemukan penjual yang menerapkan psikologi harga.


Misalnya:

Kita mau beli baju, dan sewaktu kita melihat harganya Rp 98.000,- atau bahkan mungkin kita sering temuin juga harga Rp 99.999. kita pasti pernah bilang, yah itu mah 100 ribu.

Kenapa sih penjual itu banyak yang menerapkan psikologi harga? jawaban paling simple adalah kita sebagai manusia, kalau melihat satu baju harganya Rp 95.000 (5 digit) dibandingkan Rp 100.000 (6 digit), kita akan merasa Rp 95.000 itu masih jauh lebih murah (Walaupun cuma beda Rp 5.000)


Tapi, banyak konsumen (termasuk saya pribadi) yang merasa kalau psikologi harga dengan menyertakan Rp 99.999 dibandingkan Rp 100.000 atau Rp 749.000 dibanding Rp 750.000 itu seperti mempermainkan psikologis kita dan calon konsumen kamu, sudah tahu banget trik ini.


Di artikel kali ini, kami punya dua tips untuk menerapkan psikologi harga yang lebih kreatif dan efektif, yaitu:


1.Menyertakan harga yang tidak berguna (tidak relevan)

Misalnya, kamu mau menjual produk juice. Dengan menerapkan psikologi harga, akhirnya kamu menawarkan 3 ukuran:

- Small (250ml): 20.000

- Medium (330ml): 30.000

- Large (550ml): 35.000

Sebetulnya saya hanya ingin menjual dua tipe yaitu kecil dan besar, tapi saya sertakan juga ukuran medium sebagai pembanding (harga yang tidak relevan). Sehingga konsumen otomatis akan memilih ukuran kecil (alasan aku cuma minum sendiri kok, jadi yang kecil aja), atau mereka akan memilih ukuran yang besar (alasan: karena harga yang medium juga ga jauh beda, jadi ukuran yang besar lebih menguntungkan karena mereka dapat lebih banyak kuantitas jus)


2. Membuat harga bundling

Misalnya kamu punya beragam varian jus yang punya manfaat yang berbeda2, jadi akhirnya kamu menjual jus dalam harga bundling (7 produk jus untuk menjaga kebugaran tubuh seminggu penuh), atau (produk bundling untuk keluarga, berisi 4 produk jus dengan harga 20% lebih hemat).


Sekian tips dari FIVE DO's kali ini. Semoga bermanfaat dan kita harap kamu bisa langsung coba tips ini. Buat yang sudah coba, jangan lupa untuk leave comment di bawah ya :) see you next time